Selasa, 12 Januari 2016

Mengapa Kita Belum Bisa Menghafal Al-Qur’an?



 (Part II)
Malas? Bukan malas, penyebab yang menyebabkan kita g hafal qur’an hanya satu kata yaitu IBLIS, hehehehe benerkan? Yeaa yg jawab bener berarti ketauan tu, mencari “kambing hitam” ahahaha..... Iblis,,, ya iblis..
Siapa itu iblis?
Iblis, smoga Allah melaknatnya, ia yang telah berhasil memalingkan kita dengan keberhasilan yang sangat luar biasa, ia sukses menjauhkan kita dari Kalam Pencipta, ia berhasil membuat sebagian besar umat Islam g baca qur’an melainkan hanya waktu ramadhan tiba. Setiap kali kita berkeinginan dan akan membuka serta membaca qur’an, iblis mengingatkan kita pada pekerjaan yang belum siap. Mengingatkan pada keluarga, dengan istri, dengan suami, dengan gaji, dengan pesanan, dengan dagangan, dengan pesan (SMS, Whatshap, Line, BBM yang baru masuk), dengan makan siang, makan malam, ahahaha. Sungguh sangat sukses si Iblis menggoda dan menjauhkan kita dengan Kalam sang Pencipta, jika kita membacanya, kadang kita tidak memahaminya, jika kita memahaminya kadang kita g merenunginya.
Iblis sangat pandai dan telah berhasil membuat kita mampu beralasan dengan alasan yang telah kita sebutkan sebelumnya, tapi kenapa? Kenapa iblis menjerumuskan dan melalaikan manusia dari membuktikan dan melakukan keinginan baiknya. Cieeee,, ahahaha biasa ja luuu,,, jgn lebai kali,,, maklum laaa... over... hhahaha yaa... Mungkin jawaban yang sering kita dengar dan baca di banyak media masa, jawaban dari pertanyaan tersebut sangatlah sederhana, yakni dengan kembali bertanya, siapa musuh pertama manusia? Jawabanya adalah Iblis. Apa Tujuannya? Memasukan smua manusia ke dalam Neraka. Sampai-sampai iblin pun bersumpah “Demi kekuasaan Engkau, aku akan menyesatkan mereka smuanya, (Q.S.Shad : 82).
Gimana cara iblis merealisaikan tujuannya? Caranya hanya satu, membuat manusia lupa, ya lupa,, lupa pada siapa? Lupa pada harta, keluarga, anak, istri, suami, pekerjaan? Bukan, bukan itu, ia membuat kita lupa pada Sang pencipta, maka strateginya ia mencabut zikir (mengingat) kepada Pencipta dari jiwa jiwa kita., dari hati kita, dari hidup kita, dari tiap jam dalam hidup kikta. Lalu apa kaitannya dengan qur’an? Ya karena Qur’an adalah kalamullah, dan qur’an adalah zikir yang paling agung. Bagiamana iblis membuat kita lupa dari mengingat Pencipta? Caranya hanya satu, yaitu mendatangkan was-was, ya perasaan was-was. Hahahaha.... peranah merasakan ?? sering? Wuaah,,,, gede bener iblisnya yooo hahaha,,,,, yups... Kita di buat was-was, khawatir, sehingga kita menomor duakan qur’an. Dan mengmabilnya ketika kita dalam himpitan.
Lalu gimana solusinya supaya kita bisa keluar dari penyakit was-was? G perlu di kasi tau juga uda tau,, hehehe yaaa.... solusi dan obat yang tepat keliar dari was-was adalah qur’an. Kita sadar akan hal itu, kita tau akan hal itu, namun berapa banyak dari kita yang melakukan dari apa yang kita tau? Melakukan dari apa yang kita paham? Hemmm,,,, sangat sedikit.
Kebanyakan dari kita banyak yang melakukan sesuatu hanya karena nafsu, yaa,, dorongan nafsu sesaat yang membuat kita nikmat dan melupakan hakikat. Kemudian menyesali, berjanji tak kan mengulangi, namun setelah beberapa hari berlalu kita kembali lalai, dan lupa dengan janji kita pada diri kita sendiri. Tanpa kita sadar, kita juga telah menjadikannya (iblis) sebagai teman akrab kita, dalam keseharian kita, ya,,, sadar maupun g sadar, iblis telah kita jadikan sebagai teman, bahakan cara-caranya juga telah banyak kita praktikkan dengan “bungkus” yang beragam modelnya.
Lalu apa solusinya? Solusinya ya qur’an,,, hahaha lagi lagi kembali ke qur’an,, g puas? Mau jawaban lain? Coba jawab pertanyaan ini. Mau pilih qur’an atau setan(yg melalaikan) menjadi teman? Apakah sekarang kita sudah tau kenapa iblis g pernah meninggalkan kita walau sejenak bersama qur’an? Apa sekarang kita uda tau apa penyebab di balik kita meninggalkan qur’an? Apa sekarang kita sudah sadar kenapa kita g bisa hafal qur’an?
Ya bukan maksud hati mau mengkambing hitamkan si kambing yang sudah hitam ya,,, ahahaha tapi memang iya kan?? Iblis telah membuat kita sibuk dengan dunia, membuat kita lalai dengan perhiasannya sehingga rasa itu masuk ke dalam dada, ke dalam hati kita. Yang pada akhirnya kita lupa untuk menyiapkan bekal akhirat, lupa untuk berinvestasi untuk kehidupan yang abadi. Kalau kita uda tau, mari,,, maka marilah berlindung kepada Allah dari Iblis yang berita tentang pelaknatannya telah kita ketahui semenjak kita duduk di bangku sekolah dasar, namun pada bangku sekolah menengah dan atas, kenapa kita lupa pelajaran itu? apalagi ketika sudah dibangku kuliah dan pernikahan,, hehehmmmm.... berusaha dan serahkan usaha itu pada yang maha mengetahui segala urusan ya, dan mendekati qur’an dengan segenap kecintaan dan kerinduan pastinya.
Namun pasti masih ada yang kurang puas yaaa, kox iblis yang di jadikan kambing hitam tentang kegagalan kita g bisa membaca dan menikmati qur’an apalagi mengahafal dan mengamalkannya.. tentu, dan pasti ada sebab lain, ya memang, tapi sebab utamanya kita harus tahu dulu,, uda tau kaan,,, nanti kita lanjut pada tulisan berikutnya yaa,,,,, belum bosankan? ku harap pembaca g bosan  hehe.. c u

Wasssalam
Asam peutik, 11 januari 2016
22. 30 wib.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar