Senin, 20 Juni 2011

Mari Tersenyum!!!!

Tersenyum dan Tertawa

Dalam kehidupan ini siapa sih yang g pernah melakukan 2 hal tersebut?? jawabnnya,,,,, pasti kita semua telah melakukannya ,,, bahkan sering melakukannya stiap hari,, pada setiap aktifitas yang kita lakukan,,, baik itu di rumah,, sawah,,, ladang,,,kantor,,,,sekolah,,,, dan sebagainya,. Yang intinya dimana ada keramaian di situ ada tawa dan senyuman, oooh tidak!!,, di keramaian pada saat orang meninggal?? Hehe,,, di sana juga ada tawa dan senyum walau persentasenya sangat kecil,,, yang penting juga ada kan,, hehehe,,,,,

Yea,,,, mungkin ini sudah menjadi kebiasaan yang bagus sebenarnya kalau kita pandai dan bisa menempatakan di mana kita harus tersenyum dan tertawa, karana memang senyum merupakan sebuah jalan untuk membuka jiwa-jiwa yang sulit di buka, senyum merupakan kekayaan yang terpendam yang mana kita tidak butuh mengeluarkan biaya yang besar guna mengeluarkananya.

Senyum juga bisa menebarkan kebahagiaan di dalam rumah, meninggalkan kesan baik dalam pikiran seseorang ketika bekerja, ia seeperti akad perjanjian untuk saling mencintai sesama teman, ia juga menjadi penghibur hati, lentera bagi orang yang sedang putus asa, sebaik-baik ungkapan belasungkawa bagi orang yang sedang di rundung kesedihan, ia merupakan sifat yang paling bijak dalam menyelasaikan segala permasalahan, dan masih banyak lagi merupakan-merupakan yang lainnya hehee,,,.

Bahkan ada sebuah pepatah Cina mengatakan, yang dapat kita ambil Hikmah darinya yakni, " Bila anda tidak dapat tersenyum dengan baik maka anda tidak layak untuk membuka sebuah TOKO,". ^_^

Ahmad Amin juga mengatakan dalam bukunya " Faidhul Khatir",: Orang-orang yang murah senyum tidak hanya mendapatkan kebahagiaan untuk diri mereka sendiri, namun mereka adalah orang-orang yang mampu bekerja dengan baik, lebih kuat menanggung beban dan tanggung jawab, lebih berani menghadapi tantangan dan menyelasaikan masalah. Apalah artinya harta bagi orang yang bermuka muram?? Apa artinya jabatan bagi orang yang jiwanya tertekan??apa artinya semua yang ada dalam kehidupan ini, jika pemiliknya adalah orang-orang yang dadanya sesak, seakan ia baru mengantar jenazah seorang kekasih yang meninggal dunia? Apa artinya kecantikan wajah seorang istri, jika ia selalu bewajah muram dan membuat rumah seperti neraka jahim?! Kebaikan adalah ketika seorang isteri – meskipun tidak begitu cantik – mampu menyihir sebuah rumah menjadi surga nan indah!!.

Namun,, sebuah senyuman juga tidak akan ada artinya jika senyuman itu tidak tulus, penuh dengan kejanggalan yang terpendam di dalam hati, Lihatlah bunga-bunga tersenyum dengan tulus, hutan pun tersenyum, laut, sungai,langit, bintang-bintang, dan burung-burung pun tersenyum, dan pada prinsipnya, tabi'at asal manusia juga tersenyum jika tidak di halangi oleh sifat tamak, jahat, dan egoisnya. Semua sifat jelek itulah yang membuat manusia berwajah muram, hehehe,,, inilah yang merusak keindahan alam yang begitu serasi.

Senyum tidak sekedar mempesona hati dan memperbanyak kebaikan, menghapus dosa dan kesalahan, tapi ia juga berguna untuk melatih tabi'at manusia, menghadirkan kebahagiaan, kelapangan hati, dan mampu membuat manusia menikmati kehidupan.

Rasul SAW juga memberikan kita sebuah nasehat yang sangat agung,,, yakni " Sungguh, kalian tidak perlu menarik hati manusia dengan harta kalian. Namun, hendaklah kalian membuat wajah kalian tersenyum dan berakhlak baik".

"Tanamlah biji senyum di alam raya
Jangan kau bunuh kebaikan dengan bermuram durja
Jadilah kau duta kebahagiaan bagi semesta
Dengan menebar senyum seperti Muhammad idola kita
Dalam dirinya senyum tidak pernah sirna
Senyum seseorang bak kapal di dermaga
Susunlah pahala atas senyummu
Adapun muram adalah sejelek-jelek perangaimu
Ia tak pernah memberi keuntungannya",

KeeP SmiLe, Brothers N' Sisters,,,,,,,,,,,,,,,, Waallahu a'lam.
Gubuk Derita, 19 Rajab 1432

Tidak ada komentar:

Posting Komentar