Kamis, 23 Agustus 2012

Masa lalu : Mau di bawa kemana??

Banyak sekali cerita dan kisah dalam kehidupan kita, kisah suka maupun duka, bahagia maupun sengsara dan entah apalagi. Yang jelas setiap kita pasti memilki kisah dan cerita – cerita yg sangat spesial dalam kehidupan ini. Bener ka gak!! Hehe…

Dalam kesempatan ini kami ingin sedikit bercerita tentang apa itu masa lalu? Bagaimana seharusnya kita menyikapi masa lalu? Untuk apa masa lalu itu? Kenapa sering kali kita mengingat masa lalu? Hehehe kadangkala juga tersenyum dan menangis sendiri ketika mengingat masa lalu.. kadangkala kita juga mengulangi kisah masa lalu, baik itu dengan perbuatan maupun juga sikap? Padahal kita telah berjanji untuk tidak mengulanginya? Kenapa bisa demikian? Hehehehe……

Pasti akan sangat beragam jawaban yg bisa kita munculkan, heehehehe ya masa lalu berarti kisah perjalanan hidup yg telah kita lalui, bagi yg sekarang berumur 25 tahun, berarti 24 tahun sekian bulan merupakan masa lalu, beberapa detik yg lalu setelah pembaca membaca tulisan ini dan sampai ke kalimat ini, itu juga merupakan masa lalu, besok, setelah 2 hari, itu juga merupakan masa lalu. Intinya setiap waktu yg telah kita lewati itu merupakan masa lalu.

Walau kita mencoba untuk mengisinya dengan keinginan yg kemarin yang belum sempat kita lakukan kemarin lalu hal itu kita lakukan hari ini atau esoknya, itu pasti akan sangat berbeda rasanya, yaa,!!! benar memang, kita bisa merasa lega dan sedikit bahagia, tapi rasa yg sebenarnya tetap akan berbeda , hal ini tidak bisa kita pungkiri. Karena kita tidak melakukan sesuatu itu sesuai dengan rencana dan jadwal yg kita telah buat sebelumnya. ^^

Namun kita sering kali tidak memperdulikan setiap kegiatan kita, aktifitas yg kita lakukan, ucapan yg sering kita perdengarkan, pengelihatan yg sering menerawang hehehe semuanya seolah berjalan begitu saja,, karena memang kebanyakan kita ketika menjalani hidup ini yaaa apa adanya, mengalir begitu saja, yg penting bisa makan sehari 3 x, punya uang cukup buat beli ini dan itu, punya kerjaan tetap, dapat nilai dan hasil yg bagus ketika belajar. Dan lain sebagianya, hehehe alay……ups,,,, mungkin tidak demikian dgn pembaca ya? Atau sama saja hhhh,,,,, hmmmmm.

Apakah kita pernah menggunakan sedikit saja waktu untuk berpikir ttg kehidupan kita? 24 jam kita di beri jatah waktu dalam sehari oleh sang Pengatur yg Maha Agung, semua kita memiliki jatah yg sama. Pernakah kita menggunakan waktu 24 jam tadi barang 15 atau 20 menit untuk merenung apa yg kita lakukan, merenung ttg irama dan nyanyian kehidupan ini.?? Jawaban itu ada pada diri kita masing-masing dan hanya kita dengan Tuhan yg tahu, karena memang itu merupakan salah satu bagian dari rahmat yg Allah SWT berikan pada diri kita manusia ini. “rahasia”. ^^ hhehe

Masa lalu berarti yg telah lewat,ia akan lewat begitu saja, atau berhenti sejenak dalam jiwa,bahkan ia bisa jadi kekal dalam ingatan atau ia (masa lalu) terbang dan menguap begitu saja, itu semua tergantung bagaimana kita menyikapinya, tapi secara umum, kita semua pasti sama, yakni sama-sama menggunakan masa lalu sebagai pelajaran sekaligus pengalaman. Sehingga timbul dan muncullah ungkapan “pengalaman merupakan guru terbaik dalam kehidupan ini”

Ungkapan tadi sedikit banyak ada benarnya, ia akan menjadi benar kalau orang tersebut benar-benar menggunakan masa lalu sebagai pelajaran, sebagai bahan perenungan dan perbaikan, bagaimana bentuknya,??

Bentuknya bisa jadi kita tidak mengulanginya lagi, atau kita ulangi tapi kita perbaiki caranya supaya tidak terjadi hal yg sama seperti yg lalu. Namun yg terjadi dalam kehidupan kita bukan begitu tapi malah sebaliknya, ada yg menjadikan masa lalu sebagai “momok” yg menakutkan, sehingga ia tidak mau mengulanginya lagi, tapi di lain waktu ia juga mengulanginya lagi.

Mungkin trauma dan penyesalannya sementari x ya.. !!! hhhhh…… ada yg melakukan perubahan dan perbaikan dengan cara melakuan usaha-usaha lain, tapi secara tidak sadar ia juga mengulangi cara-cara yg sama seperti masa lalu sehingga kesalahan itu terjadi lagi dan penyesalan itu juga datang lagi. Karena usahanya saja atau kegiatannya saja yg lain yg dia lakukan tapi cara melakukannya sama seperti masa lalu, ya tetap saja kesalahan itu ada dan datang lagi, hanya waktunya saja yg berbeda Hemmmmm,,,,,,, ini cerita yg kami dapatkan dari teman dan lingkungan. Bagaimana dengan pembaca??^^ apa sering melakukan kesalahan yg sama? Hayo hayoooooo !!!!!!!!... hhh.

Hal-hal kecil yang kita lakukan, terlihat begitu serampangan ( g beratur), tidak berarti, tampak seolah g berguna dan g berfaedah, ternyata hal itu tidak sia-sia, dicatat oleh malaikat, dan kita pasti akan menuai hasil dari apa yang kita lakukan. Semua yang kita lakukan, sekecil apapun, pasti ada efeknya. Semua kejadian yang terlihat serampangan dan “kebetulan”, ternyata tidak!!!, dibalik “keserampangan”, ketidak beraturan tadi ada hukum alam atau dalam bahasa agamanya kita sebut dengan sunnatullah yang menyebabkan peristiwa-peritiwa itu terjadi, peristiwa-peristiwa besar, ada titik-titik kecil yang membentuk sebuah garis saling terkait. “The Butterfly Effect, Flap of a butterfly’s wing in Brasilia set off tornado in Texas!”

Sekarang atau Nanti, kita semua akan dan pasti di minta untuk mempertaanggung jawabkan penggunanaan umur kita,, masa remaja kita,, masa dewasa kita dan masa tua kita hehehhee,,,intinya pertanggung jawaban masa lalu kita.. Tuhan tidak tidur, yakinlah dalam hati dan tanam serta ikat kuat” keyakinan itu,,,, bahwa Tuhan tidak tidur,,,,Allah melihat stiap gerak gerik kita,,, Malulah kepada yg Maha Melihat,, jangan hanya malu kalau kita di liat oleh yang penglihatannya terbatas tapi kita juga harus lebih malu kepada yang penglihatannya tidak terbatas dan terhalang oleh apa pun juga,,,

Tidak perlu juga kita berupaya melupakan masa lalu dan juga tidak perlu kita mengingatnya, namun cara yg tepat adalah kita jadikan saja masa lalu sebagai pelajaran dan pengalaman, itu sangat tepat, atau dengan bahasa mudahnya kita jadikan saja ia sebagai kaca spion seperti di mobil atau motor,, kita liat seperlunya, kapan kita kan belok dan menikung barulah kita liat supaya kita selamat. Jus it… x ja ada tambahan,,, !! ^^ silahkaaaan..

Wallahu a’almm,,,,,
#dari berbagai sumber.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar